OSIS SMPN 1 Karangmoncol Rehab Rumah Siswa Kurang Mampu

PURBALINGGA – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bersama Dewan Guru SMP Negeri 1 Karangmoncol bergerak mendukung program Pemkab Purbalingga dengan merehab salah satu rumah siswa kurang mampu. Kegiatan Bhakti Sosial ini mendapat apresiasi dari Bupati Purbalingga Tasdi yang datang bersama Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dan sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

“Bhakti sosial rehab rumah siswa kurang mampu yang dilakukan OSIS dan Dewan Guru SMP Negeri 1 Karangmoncol bisa menjadi contoh yang lainnya. Nanti akan kita gerakan sekolah lainnya untuk berbuat yang sama,” kata Bupati Tasdi usai menyerahkan secara simbolis bantuan rehab rumah dari OSIS SMPN 1 Karangmoncol kepada Suranto, orang tua siswa Eka Novianto Nugroho di Desa Pekiringan Karangmoncol,  Jumat (30/9).

Dikatakan Bupati Tasdi, jika dari 77 SMP/MTs di kabupaten Purbalingga, tiap sekolah merehab satu saja rumah siswanya maka dalam setahun mampu mengentaskan 77 rumah siswa kurang mampu. Tentu hal tersebut akan menjadi kontribusi yang besar terhadap upaya Pemkab Purbalingga mensejahterakan rakyat melalui program Rehab Rumah Tidak Layah Huni (RTLH).

“Saya yakin setiap sekolah masih ada siswa yang memiliki rumah belum layak huni. Saya minta Kepala Dindik (Tri Gunawan-red) mendorong kepala sekolah membuat program serupa. Saya salut kepada siswa dan dewan guru SMPN 1 Karangmoncol yang telah merealisasikan rehab rumah keluarga anak didiknya,” katanya.

Kepala Sekolah SMPN Karangmoncol Kurniah, SPd menuturkan sekolah yang dipimpinnya tidak hanya memberikan pembelajaran yang bersifat meningkatkan kecerdasan intelektual saja. Namun sekolah ingin memberikan berbagai bentuk pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik.

“Dari kegiatan ini kami berharap ada pengembangan karakter bekerjasama, gotong royong dan karakter peduli kepada sesama. Kami ingin peserta didik kami bukan hanya warga yang menjadi obyek pembangunan tetapi menjadi pelaku yang ikut berpartisipasi aktif mendukung program pembangunan di kabupaten Purbalingga,” katanya.

Dikatakan Kurniah, di SMPN 1 Karangmoncol masih banyak yang membutuhkan sentuhan bantuan rehab rumah. Untuk tahun pertama kegiatan Bhakti Sosial Rehab Rumah diarahkan untuk membantu siswa Eka Novianto Nugroho dari Kelas VIII H, putra dari Suranto RT 2 RW 9 Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol.

“Keluarga Bapak Suranto memang membutuhkan bantuan tersebut. Disamping itu siswa Eka Novianto Nugroho juga menjadi anak didik berprestasi di sekolah kami,” jelasnya.

Prestasi yang pernah diraih oleh Eka diantaranya Juara I Lomba Mocopat pada Pekan Seni SMP Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016, Juara I Lomba Cipta Lagu pada FLS2N SMP tingkat Kabupaten Purbalingga, Vokalis Grup Hadroh Juara II Lomba MAPSI Tingkat Kabupaten Purbalingga dan Vokalis Grup Keroncong SPENSAKAR Nada yang rutin mengisi siaran di RRI Purwokerto.

Untuk membantu rehab rumah tersebut, siswa dan guru SMPN 1 Karangmoncol secara sukarela mengumpulkan iuran hingga terkumpul dana Rp 10 juta. Selain bantuan uang juga disampaikan bantuan berupa sembako dari SMPN 1 Karangmoncol, PGRI Kecamatan Karangmoncol dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Purbalingga. Bupati dan Wakil Bupati juga memberikan sumbangan berupa uang dan 30 sak semen. (Hardiyanto)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *