Ultah ke 16 Bumades “Bangkit Maju Mandiri” Diharapkan Lebih Maju Lagi

KARANGMONCOL, Ulang tahun (Ultah) ke 16 Badan usaha bersama desa (Bumades) Bangkit Maju Mandiri Kecamatan Karangmoncol diharapkan dapat lebih maju lagi. Bumades juga diharapkan dapat meningkatkan perekenomian kerakyatan di seluruh desa di wilayah kecamatan Karangmoncol.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Karangmoncol, Juli Atmadi saat tasyakuran Ultah Bumades ke 16 di Aula Bumades “Bangkit Maju Mandiri” Sabtu malam (12/10). Tasyakuran juga diikuti oleh ketua kelompok Simpan Pinjaman Perempuan (SPP), Forkompimcam, para kepala desa, Pengurus Bumades serta masyarakat sekitar kantor.

” Pemerintah kecamatan mengucapkan terimakasih atas kiprahnya BMM terkait peningkatan perekenomian kerakyatan di Kecamatan Karangmoncol. Diharapkan dengan Ultah yang ke 16, kedepannya lebih memberikan manfaat bagi masyarakat Karangmoncol,” kata Juli

Sedangkan Pengawas Bumades, Sugito Wijaya mengatakan Bumades ini merupakan eks UPK PNPM. Saat ini Bumades memiliki modal sebesar Rp 11 miliar. Modal tersebut berputar di tiap kelompok SPP di setiap desa di wilayah kecamatan Karangmoncol.

“Saat ini kita bisa memberikan pinjaman sampai Rp 100 juta kepada kelompok usah ekonomi produktif. Tiap kelompok minimal terdiri 5 sampai 10 orang. Yang tiap orang bisa meminjam sampai Rp 10 juta, ” katanya.

Sugito menambahkan peminjam sampai Rp 100 juta bagi kelompok yang telah lama berdiri. Bagi kelompok baru dibatasi hanya sampai Rp 20 juta atau tiap anggota kelompok hanya bisa pinjam sampai Rp 2 juta.

” Alhamdulillah pemberian deviden kepada desa setiap tahunnya cukup baik. Deviden tergantung dengan besar kecilnya modal yang di berikan. Tahun 2018 kemarin kita bisa memberikan deviden Rp 14 juta sampai Rp 36 juta kepada desa,” katanya.

Sedangkana direktur Bumades, Imam Riyadi mengatakan seperti tahun-tahun lalu ultah akan dimeriahkan dengan senam sehat bersama anggota kelompok SPP. Saat ini ada 4.000 anggota yang telah memanfaatkan keberadaan Bumades Kecamatan Karangmoncol.

” Setelah senam bersama, kita akan memberikan door prize kepada para peserta senam bersama. Kegiatan senam akan kita lakukan pada Minggu pertama Bulan November di Lapangan Garuda Desa Pekiringan. Rencananya kita juga akan mengundang Ibu Bupati Purbalingga,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *